Home » » Hal-hal yang Membuat si Kecil Tidak Bisa Tidur

Hal-hal yang Membuat si Kecil Tidak Bisa Tidur

Orangtua kadang pusing dan bingung ketika si kecil tidak bisa tidur di malam hari. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Apa saja itu?

Beberapa anak bisa mengalami kesulitan untuk tidur, baik hanya terjadi sekali atau beberapa kali. Pada kondisi yang cukup mengkhawatirkan, anak juga bisa terkena insomnia. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kondisinya terlebih ia masih dalam tahap pertumbuhan serta perkembangan.

Untuk itu ketahui beberapa hal yang bisa membuat si kecil tidak bisa tidur

1. Memiliki rasa takut
Memiliki rasa takut atau khawatir ketika akan tidur merupakan penyebab paling umum si kecil tidak bisa tidur. Misalnya ia takut akan suasana gelap atau takut seorang diri.

Cobalah untuk memberinya keyakinan bahwa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan, atau menempatkan sesuatu yang membuatnya bisa merasa lebih baik di dalam kamar.

2. Mengalami mimpi buruk
Ketika anak mengalami mimpi buruk biasanya ia akan takut untuk tidur kembali, baik pada saat itu atau keesokan harinya. Biasanya mimpi buruk terjadi pada anak ketika ia menonton acara televisi dengan kekerasan atau membaca buku yang menakutkan.

Cobalah mengajak anak berpikir positif sebelum tidur, membacakan buku yang lucu dan menarik atau memainkan musik yang menenangkan sehingga anak bisa lebih rileks.

3. Stres
Stres dan khawatir juga bisa menyerang anak-anak, misalnya tertekan dengan tes di sekolah, pekerjaan rumah, tim olahraga kesayangannya atau kegiatan lain di luar sekolah. Cobalah mendengarkan keluh kesah anak, dan jika kegiatannya terlalu banyak maka sebaiknya dikurangi agar anak memiliki lebih banyak waktu luang.

4. Terjadi perubahan besar dalam hidupnya
Perubahan ini bisa berupa perceraian orangtua, kematian orang yang disayangi, penyakit tertentu atau pindah ke kota yang baru. Biasanya anak memerlukan waktu untuk beradaptasi, selama waktu itu cobalah memberikan kenyamanan dan rasa aman sehingga anak lebih tenang dan membantunya untuk cepat tidur.

5. Merasa tidak nyaman

Suasana kamar yang terlalu panas, terlalu dingin, ramai oleh berbagai suara atau ketika lapar, bisa membuat anak sulit tidur. Untuk itu buatlah kondisi kamar yang nyaman dan santai sehingga si kecil bisa tidur dengan nyenyak.
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger