Home » » 4 cara atasi masalah perut

4 cara atasi masalah perut

Tekcomjar - Mual, kembung, terasa nyeri gejala ini sering disebut irritable bowel syndrome (IBS). Beberapa penelitian menunjukkan gejala tersebut lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Namun saat mengalaminya, jangan buru-buru mengonsumsi obat sakit perut atau semacamnya. Coba dulu empat trik mudah berikut yang dilansir dari, Health.com.

1. Jalan kaki

Berolahraga mungkin hal yang terpikirkan oleh Anda saat mengalami masalah perut. Namun faktanya, dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi gejalanya dan jika dilakukan secara teratur bisa mengurangi frekuensi gangguan perut.

"Jalan kaki, terutama brisk walk selama sekitar 10 hingga 15 menit sangat membantu mengurangi masalah perut," kata Robynne Chutkan, MD, pendiri Digestive Center for Women di Chevy Chase, Maryland.

Lagipula, tidak berolahraga membuat kerja usus jadi lambat. Hal ini menyebabkan perut mudah mengalami kram dan sembelit.

2. Pijat perut

“Stres adalah pemicu umum nyeri perut dan pijatan bisa mengatasinya karena merangsang munculnya hormon endorfin yang membuat Anda lebih tenang," kata Dr. Chutkan.

Cobalah trik sederhana ini. Selama 5 menit, dengan lembut tekan dengan gerakan melingkar menggunakan jari-jari Anda ke area empat jari di atas pusar.


3. Kurangi porsi makan

Makan terlalu banyak juga bisa memicu masalah perut. Jadi, ketika Anda mengonsumsi banyak makanan hingga perut terasa sakit kekenyangan, jangan lagi mengonsumsi apapun.

“Ini seperti ketika Anda mengalami cidera otot, tak bisa dipaksa lagi untuk bekerja lebih keras dan harus diistirahatkan. Sama seperti perut," kata Dr. Chutkan.

Sebelum makan, cobalah untuk minum segelas air putih atau jus buah. Cara ini akan membuat Anda makan lebiih sedikit, karena kenyang lebih cepat.

4. Minum teh peppermint

Secangkir teh peppermint hangat dapat membantu otot perut jadi lebih relaks. Penelitian menunjukkan bahwa minyak dari tanaman peppermint dapat bekerja dengan baik sebagai pengobatan gejala IBS
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger