Home » » 5 Kiat Melahirkan Foto Ciamik Bagi Pemula

5 Kiat Melahirkan Foto Ciamik Bagi Pemula


Tekcomjar - Kepincut dengan dunia fotografi? Pelajari dulu pondasinya agar foto yang dihasilkan bisa terlihat lebih ciamik.

Dalam kesempatan berbincang dengan detikINET, fotografer profesional Jerry Aurum membocorkan tips-tips untuk menghasilkan foto menawan.

1. Minat
Hal pertama yang dibutuhkan untuk seseorang untuk terjun ke dunia fotografi dan menghasilkan foto yang bagus adalah minat. "Yang pertama, harus ditumbuhin dulu minatnya, kalau sudah minat dia akan lebih gampang masuk ke dunia fotografi," ujar sosok yang pernah menjadi juri di Caraka Festifal Kreatif ini.

2. Sering Jepret
Menurut pencipta buku In My Room dan Femalography tersebut, fotografi hanya soal kebiasaan. Seseorang diharapkan untuk sering-sering memotret untuk mengasah kelihaian.

Semakin seseorang sering memotret maka dia akan semakin pintar belajar. "Jangan menjadikan fotografi itu sesuatu yang tidak reguler, karena seseorang tidak akan cepat belajar. Semakin sering jepret, dia akan cepat ahli," tambahnya.

3. Komposisi
Komposisi merupakan kunci selanjutnya untuk menghasilkan karya yang ciamik. Memang banyak teori mengenai komposisi di dalamnya, tapi jika disederhanakan, komposisi itu akan menghasilkan foto yang terasa enak dilihat.

4. Cahaya
"Perhatikan arah cahaya yang datang," ujar Jerry. Dijelaskan lebih lanjut olehnya bahwa sudut cahaya yang berbeda, maka efek yang dihasilkan akan berbeda.

Hal ini berlaku untuk semua obyek foto. Ia menjelaskan bahwa foto yang diambil pada pagi hari atau siang hari adalah yang terbaik. Hal ini terkait posisi matahari yang tidak terlalu tinggi sehingga cahaya yang dihasilkan tidak 'keras'.

5. Cermati Obyeknya
Tips terakhir yang diberikan oleh lulusan Cum Laude, Visual Communication Design ITB ini adalah kecermatan terhadap obyek. Seorang fotografer harus memperhatikan obyeknya terlebih dahulu dan mempelajarinya.

Dengan mempelajarinya, maka ia akan mengetahui apakah obyek tersebut bagus difoto dari jarak dekat atau jauh, diambil dari sebelah kiri atau kanan, atau dengan senyum atau tidak.

"Nah, kalo sudah menguasai teknik dasar di atas, diharapkan seseorang sudah bisa menghasilkan foto yang bagus," tandas Jerry.
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger