Home » » Solo akan Punya Hotzone Terpanjang di Indonesia

Solo akan Punya Hotzone Terpanjang di Indonesia


Tekcomjar - Kota Solo akan semakin memanjakan warga dan pengunjungnya dalam hal layanan internet. Dalam waktu dekat, di kota yang tak pernah tidur tersebut akan terpasang fasilitas area akses internet tanpa putus hotzone gratis sepanjang 10 km di jalan protokol. tersebut tercatat sebagai yang terpanjang di tanah air.
Fasilitas yang dipasang dari kawasan Kleco hingga Kawasan Panggung tersebut akan berada di area Jalan Slamet Riyadi, Jalan Sudirman, dan Jalan Urip Sunoharjo. Penyedia layanan itu adalah PT Indomaya Wira Sejahtera yang bekerjasama dengan Pemkot Surakarta.

"Pemasangannya akan dimulai pada November di lima titik dan hingga akhir tahun ditargetkan pemasangan hotzone di 40 titik bisa diselesaikan. Setelah semua terpasang sepanjang 10 km akses internet itu bisa dilakukan tanpa terputus," Direktur PT Indomaya Wira Sejahtera, Anton Wirawan, kepada wartawan di Solo, Selasa (11/10/2011).

Dijelaskannya pula, dengan hotzone pengguna internet bisa berpindah posisi tanpa harus terputus koneksi internet, meski telah menggunakan access point yang berbeda. Hal tersebut tentunya berbeda dengan hotspot yang akan terputus jika berpindah titik.

Anton mengatakan fasilitas hotzone 10 km tanpa putus itu bisa dinikmati masyarakat lima tahun. Sedangkan dana yang dikeluarkan pihaknya untuk pengadaan dan memasang semua peralatan itu mencapai Rp 1,2 miliar yang berasal dari dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan tersebut.

Bandwith yang disediakan oleh PT Indomaya Wira Sejahtera untuk hotzone sepanjang 10 km tersebut mencapai 5 Mbps. Namun untuk menghindari persoalan dengan para penyedia jasa warnet, setiap laptop hanya akan dibatasi paling lama 2 jam per hari mengakses menggunakan hotzone.

Kepala Dinas Kominfo Pemkot Surakarta, Enny Tyasni Susana, mengharapkan hotzone terpanjang di Indonesia akan semakin menunjang fungsi hotspot yang sebelumnya telah dipasang di sejumlah titik di tempat-tempat strategis di Solo. Selain itu keberadaan hotzone juga diharapkan membuat wisatawan di kota Solo semakin nyaman.
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger