Home » » Satelit Terkecil di Dunia Diciptakan

Satelit Terkecil di Dunia Diciptakan

Tekcomjar- Sebuah penelitian telah menghasilkan satelit terkecil di dunia. Tidak seperti layaknya satelit lain yang berukuran besar, jenis satelit yang diciptakan oleh Zac manchester ini seukuran chip yang siap pasang ke luar angkasa.

Alat canggih yang diberi nama sprite, merupakan hasil dari usaha keras mahasiswa pascasarjana Cornell University. Ia dan beberapa rekannya telah sukses mengumpulkan dana sebesar U$ 30.000 atau sekitar Rp 2 juta lebih di Kickstarter untuk mengirim sebanyak mungkin "chip" hasil ciptaannya ke orbit bumi. Hal ini dilakukan sebagai demo yang nantinya akan jadi perangkat yang aman digunakan.

Sprite yang juga disebut sebagai pesawat ruang angkasa terkecil menggunakan tenaga sel surya, radio transceiver, dan mirokontroler yang menjadi sebuah microchip silicon. Menurut keterangan yang dilansir pada laman proyek ini, versi pertama pesawat kecil baru sebatas mentransmisikan nama dan beberapa bit data saja, dan akan disempurnakan kembali menjadi sebuah alat thermometer hingga kamera yang dapat memotret bumi dari angkasa.

Untuk keamanan jangan khawatir. Benda kecil ini tak akan membahayakan penghuni bumi. Satelit super mini ini baru diluncurkan di orbit ketinggian rendah. Penemuan ini diharapkan sebagai langkah awal yang mudah bagi siapapun nantinya yang akan ngelancong ke luar angkasa
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger