Home » » Payudara Juga Bisa Kena TBC Lho..

Payudara Juga Bisa Kena TBC Lho..

Infeksi Tuberculosis (TBC atau TB) tidak hanya menyerang paru, tetapi bisa juga menyerang organ lain termasuk payudara. Gejalanya seringkali mirip dengan kanker, tapi 'untungnya' tidak ada bukti TBC payudara bisa berubah jadi kanker.

Perlu ada tanda kutip pada kata 'untungnya' sebab bagaimanapun tidak ada orang yang merasa beruntung kena penyakit. Namun dibandingkan dengan kanker payudara, peluang kesembuhan TBC payudara relatif lebih tinggi asal tidak disertai komplikasi yang lain.

TBC payudara atau sering disebut juga mastitis TB merupakan salah satu bentuk infeksi extrapulmonary TB atau infeksi TBC yang terjadi di organ selain paru-paru. Selain di payudara, infeksi extrapulmonary TB juga cukup sering ditemukan di tulang.

Meski penyebabnya berbeda, TBC payudara dan kanker payudara punya kemiripan yang kadang-kadang sulit dibedakan secara sepintas. Luka bekas TBC di payudara seringkali susah sembuh dan membentuk benjolan seperti kanker yang tidak teratur, bergelembung seperti kembang kol.

"Memang, mastitis TB termasuk salah satu bentuk yang perlu diwaspadai dalam arti dibedakan. Harus diidentifikasi apakah karena TB atau memang ada kanker," kata Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI), dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk usai peluncuran Film Televisi tentang kanker payudara, "Derita Dinda" di Hotel Four Seasons, Kamis (29/3/2012).

Mengingat peluang kesembuhan TBC payudara lebih tinggi, maka tidak berlebihan jika penyakit ini disebut sebagai 'keberuntungan' terutama jika semula sempat dikira kanker. Apalagi seandainya benar-benar kanker, pasti sudah masuk stadium lanjut jika sampai muncul benjolan mirip brokoli.

'Untungnya' lagi, mastitis TB atau TBC payudara tidak ada hubungannya dengan kanker payudara meski penampilannya kadang-kadang sulit dibedakan. Setidaknya hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa TBC payudara bisa berkembang menjadi kanker betulan.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Menurut sebuah penelitian, kanker ini merupakan jenis kanker paling banyak ditangani oleh berbagai rumah sakit di Jakarta yakni sekitar 16-20 persen.


Sumber:http://health.detik.com/read/2012/03/30/075116/1880777/763/payudara-juga-bisa-kena-tbc-lho?l11755763
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger