Home » » 15 Orang Indonesia yang "Pertama"

15 Orang Indonesia yang "Pertama"

1.Orang Indonesia Pertama ke Belanda

Untuk menjalin hubungan dengan kerajaan Belanda, Raja Aceh, Sultan Alauddin Al Mukamil mengutus Abdul Hamid ke negeri kincir angin tersebut. Rombongan duta Aceh itu tiba pada Agustus 1602, tapi pada 9 Agustus Abdul Hamid meninggal di negeri Eropa itu dan dimakamkan diperkarangan gereja St Pieter di Middelburg, Zeeland.

2.Orang Indonesia Pertama Yang Punya Mobil

Orang Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Sunan Pakubuwono X dari Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda empat. Diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya, karena tipe ini memiliki banyak variasi sesuai dengan pesanan Sunan. John.C.Potter seorang penjual mobil mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.

3.Rudy Hartono - Orang Indonesia Pertama Tercatat Di Guiness World

Dasarnya adalah prestasi Rudy yang menjuarai All England sebanyak delapan kali ( 7 kali berturut-turut pada (1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973 , 1974 serta 1976 ) dimana hal ini tercatat dalam Guinnes Book of Record pada tahun 1982 ( bisa dibilang Rudy Hartono juga orang Indonesia pertama yg namanya tercatat di Guinness!).

4.Orang Indonesia Pertama yang Berlayar Sendirian dari California ke Bali

Seorang warga negara Indonesia bernama Rob Rama Rambini berlayar solo dari California, Amerika Serikat, ke Bali, selama 11 bulan. Kapal Rob yang diberi nama Kona berlabuh di dermaga Pelabuhan Benoa, Denpasar, Ahad (3/4) dini hari. Sebenarnya, kedatangan Rob di Pulau Dewata, terlambat 10 jam dari jadwal semula akibat cuaca buruk.

5.Orang Indonesia Pertama Daki 7 Puncak Dunia

Untuk pertama kalinya, sebuah tim dari Indonesia berhasil mendaki 7 puncak tertinggi di tujuh benua di dunia. The Seven Summiteers pertama dari Indonesia ini adalah Tim Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (ISSEMU) yang beranggotakan Sofyan Arief Fesa (28), Xaverius Frans (24), Broery Andrew Sihombing (22), dan Janatan Ginting (22).

6.Orang Indonesia Pertama Yang Menerima Gelar "Sir"

Cendekiawan muslim yang juga mantan rektor uin jakarta dua periode (1998-2002, 2002-2006) dan kini direktur sekolah pascasarjana, prof dr Azyumardi Azra, menerima penghargaan the commander of the order of the british empire (cbe award) atau "panglima kerajaan inggris" dari ratu inggris, elizabeth ii. Penghargaan cbe untuk azyumardi azra akan diberikan di kediaman resmi duta besar inggris di jakarta oleh duta besar inggris untuk indonesia, martin hatfull, pada 28 september. Dalam pemberian penghargaan tersebut hadir sejumlah pejabat pemerintah indonesia serta tokoh lintas agama.

7.Orang Indonesia pertama yang dikontrak klub Spanyol

Nama Arthur Irawan, dalam dunia sepakbola Indonesia memang belum terkenal, waktu rame – ramenya pemain naturalisasi ikut seleksi tim nasional, Arthur Irawan sempat ikut mengikuti seleksi timnas namun gagal karena masalah umur yang masih terlalu muda. Rupanya kegagal itu tidak membuatnya putus asa.
Gagal di timnas, Arthur Irawan malah sukses menggoda klub besar spanyol Espanyol untuk meminangnya.

8.Orang Indonesia Pertama di Eurovision Song Contest

Anggun c sasmi kembali membuat gebrakan baru. Dia akan tampil dalam Eurovision Song Contest 2012 mewakili negara Perancis. Anggun pun jadi orang Indonesia pertama yang tampil di acara tersebut.

Eurovision Song Contest merupakan sebuah ajang kompetisi musik bergengsi di Eropa. Tercatat Celine Dion pada awal karirnya pernah mewakili negaranya mengikuti kompetisi ini.

Eurovision Song Contest tahun ini akan digelar di Baku, Azerbaijan. Seluruh kontestan - yang merupakan para penyanyi profesional - akan berlaga selama beberapa putaran. Para kontestan yang lolos ditentukan oleh penilaian dewan juri. Semi final akan berlangsung pada 22 dan 24 Mei 2012. Dan finalnya berlangsung pada 26 Mei 2012. Pemenang akan ditentukan oleh voting juri sebesar 50 % dan polling pemirsa televisi sebesar 50 %. Menariknya, pemirsa tidak boleh memilih finalis dari wakil negaranya sendiri.

9.Orang Indonesia Pertama Pemegang “Triple CCIE”

CCIE atau Cisco Certified Internetwork Expert merupakan tingkat sertifikasi jaringan computer tertinggi dari perusahaan teknologi Cisco Systems dan dikenal memiliki sistem uji yang ketat. Sertifikasi ini merupakan jaminan bagi seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang networking dan ada delapan sertifikat CCIE yang bisa dipilih para professional TI sesuai kebutuhan pekerjaannya.
Untuk mendapatkan satu sertifikasi CCIE saja sangat sulit diraih, meski begitu ada orang Indonesia yang memiliki tiga sertifikasi tersebut, salah satunya adalah Himawan Nugroho.
Himawan mendapatkan gelar sebagai ‘orang Indonesia pertama pemegang tiga sertifikasi CCIE’ pada tahun 2007 dan hingga kini hanya ada dua orang Indonesia dari sekitar 400 orang di dunia yang memiliki sertifikasi triple CCIE.

10.Orang Indonesia Pertama Terima Yamagata Award

Seorang yang baru saja menorehkan catatan emasnya adalah Daniel Rudi Haryanto. Pertama kalinya sutradara Indonesia, berhasil menyabet penghargaan Director Guild of Japan Award dari Yamagata International Documentary Film Festival (YIDFF), Jepang. Karyanya berjudul Prison and Paradise berhasil menyisihkan 705 film dokumenter yang datang dari 63 negara dan kawasan di seluruh dunia, yang dikirimkan kepada panitia YIDF. Festival itu sendiri diselenggarakan dua tahun sekali, dan termasuk ajang prestisius di dunia sekaligus yang tertua di dunia yakni dimulai pada tahun 1936.

11.Orang Indonesia Pertama yang menjadi Bikku

The Boan An (lahir di Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 1923; umur 89 tahun, juga dikenal dengan panggilan Su Kong) adalah bhikkhu Indonesia pertama dalam 500 tahun saat ia ditahbiskan pada tahun 1953. Ia belajar kimia di Groningen, Belanda. Namun pada Juni 1953 ia ditahbiskan dalam tradisi Mahayana di Jakarta. Pembimbingnya menganjurkan agar ia belajar lebih lanjut di Myanmar, karena itu pada tahun yang sama ia masuk Sasana Yeiktha di Yangon untuk belajar meditasi satipatthana di bawah bimbingan Mahasi Sayadaw. Pada tahun berikutnya ia ditahbiskan menjadi bhikkhu dan mengambil nama Ashin Jinarakkhita. Ia menjadi bhikkhu Indonesia pertama dalam 500 tahun. Pada tahun 1955 ia kembali ke Jawa dan dengan kerja keras membangun kembali vihara-vihara dan biara-biara Buddhis.

12.Orang Indonesia Pertama Yang Miliki Klub NBA

Pemimpin Grup Mahaka Media, Erick Thohir dikabarkan menjadi orang Asia pertama yang secara resmi memiliki salah satu dari pemilik klub National Basketball Association (NBA) Philadelphia 76'ers (Sixers). Hal itu tercapai setelah ada persetujuan dari Dewan Direktur NBA, baru-baru ini.

13.Orang Indonesia pertama yang pimpin Daihatsu

perjalanan karir Sudirman MR sudah mencapai klimaksnya. Tahun ini ia resmi menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Padahal, sebelumnya kursi itu diperuntukan khusus bagi orang-orang Jepang yang diberi kepercayaan oleh investor menahkodai ADM atau lebih dikenal dengan Daihatsu Indonesia.
Pada perayaan produk PT Astra Daihatsu Motor yang ke-2.000.000 unit beberapa waktu lalu, pria ramah ini didaulat langsung menjadi Presdir ADM oleh Presiden Daihatsu Motor Corp, Ltd (DMC) Koichi Ina. Menurut Koichi Ina pada waktu itu, putra Indonesia yang pantas menduduki jabatan tersebut adalah Sudirman MR yang selama ini menjadi Wakil Presiden Direktur ADM.

14.Orang Indonesia Pertama di Jet Aviation, Swiss

Indonesia boleh bangga kepada Andry W. Bastam. Sebab, dialah orang Indonesia pertama dan satu-satunya yang bekerja di Jet Aviation, perusahaan bergengsi di Basel, Swiss, yang mendesain interior pesawat supermewah. Berikut laporan wartawan Jawa Pos Suprianto yang bertemu Andry di Basel.

15.Orang Indonesia pertama pembuat virus bernama Den Zuk

Indonesia bisa berbangga karena sudah mengenal virus lokal pada tahun 1988 dengan lahirnya virus lokal pertama bernama Den Zuk karya Denny Yanuar Ramdhani dari bandung.

Sebenarnya virus ini berperilaku sebagai anti virus yang menghapus virus bernama Brain. Dan yang patut dibanggakan ialah IBM mencatat program Den Zuk sebagai anti virus pertama didunia. Publikasi dari sang pencipta virus dimuat di Virus Buletin edisi Januari 1991.

Virus Denzuko alias Den Zuk akan mencari dan menghancurkan duplikat virus Brain. Jika virus ini menemukan disket yang terinfeksi Brain, ia akan menghapus infeksi itu, dan menggantinya dengan virus Den Zuk sendiri. Virus ini bersembunyi di track 40 pada disket, namun biasanya disket berkapasitas 360K hanya memiliki nomor track 0 sampai 39.
Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger