Home » » Tips Memilih & Membeli Laptop

Tips Memilih & Membeli Laptop

Memilih laptop perlu kejelian dan ketelitian, sebab saat ini banyak produsen laptop yang menawarkan berbagai fitur yang menarik sehingga mengklaim laptop produksinyalah yang paling unggul. Kalau tidak hati-hati bisa-bisa kita tertipu dan salah beli karena tertarik dengan iklan yang mereka tawarkan. Namun akhirnya semua keputusan jatuh ketangan anda, laptop yang seperti apa yang ingin anda beli.

Yang pertama untuk dijawab dan dijadikan pertimbangan adalah untuk keperluan apa Anda membeli laptop? hanya untuk mengetik, untu mendengar musik, untuk programming, apa untuk main game dan disain grafik? Tentunya sayang beli laptop yg mempunya spek yg tinggi kalo hanya untuk mengetik mendengar musik atau hnya utk listing program (utk para programer). Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop:
1. CPU, prosesor
Jika Anda tidak mempunyai dana yg tidak terlalu banyak dan kebutuhan laptop hanya untuk mendengarkn musik dan mengetik sebaiknya anda menggunakan prosesor yg kecepatannya biasa saja, Pentium 4, P4 Centrino cocok utk keperluan itu. Jika menggunakan Core Duo apalagi core 2 duo akn mubazir kecuali memang dana anda berlebih.
Bila kebutuhannya untuk main game dan disain grafik maka kecepatan prosesor sangat mendukung. Jadi spek tinggi sangat dibutuhkan utk para gamer dan disainer.
2. Operating system
Tentunya pertimbangan membeli laptop yang langsung built in OS (operating sistemnya sudah terinstal) sangat disarankan, karena kalau beli secara terpisah akan lebih mahal. Jika keperluan hanya untuk mengetik dan mendengarkan musik (jika Windows) cukup dengan Windows XP Home Edition atau Vista Home. Tapi jika keperluannya untuk bisnis, para disainer lebih baik menggunakan Windows XP Professional. Laptop/Notebook buatan Apple Macintosh sangat disarankan utk para disainer.
3. Video card
jika keperluan untuk disainer dan gamer, Anda HARUS memilih laptop/notebook yang mempunya Video card yang DEDICATED bukan yang SHARE. Sbb kualitas vga yang dedicated akan menghasilkan gambar yg halus dan detail. Keuntungan lain yg dedicated adalah bisa diupgrade ke kapasitas video card yg lebih tinggil. Video card yang share tidak dapat diupgrade.
4. Hard Disk
Pilih laptop dengan kapasitas HD yang besar sebab laptop berbeda dengan PC biasa. PC biasa bisa menambah kapasitas HD dengan cara menambah tanpa membuang/mengganti HD yg lama, tapi laptop harus menggantinya.. jadi pertimbangkan dengan matang tentang memilih kapasitas hard disk.
5. Memory
Memory atau RAM sangat menunjang dapat kecepatan akses sebuah laptop. Pilih laptop yg mempunyai RAM yg tinggi. Untuk saat ini RAM 512MB-1GB adalah sudah standar yang perlu diperhatikan adalah slot (tempat RAM dipasangkan) masih ada yg kosong apa sudah penuh. Pilihlah laptop yg mempunyai slot memory yg banyak karena jika cuma satu maka jika kita mau menambah mau tidak mau akan membuang RAM yg sebelumnya tapi jika masih ada slot kosong maka kita tinggal menambahkannya saja.
6. Baterai/battery
Perimbangkan jumlah cell batere yg akan kita beli sebb semakin banyak jumlah cell bantere maka akan semakin lama batere memberi konsumsi daya kepada laptop kita. Coba lihat postingan saya sebelumnya mengenai batere. Biasanya si penjual mempunyai option atau pilihan tentang jumlah cell batere yg akan kita beli, tentunya semakin banyak jumlah cell maka semakin mahal harganya.
7.Ukuran layar
Jangan pilih layar terlalu besar jika penggunaan laptop bukan untuk disain grafis. Pertimbangkan kepraktisan ukuran sebab semakin besar layar laptop maka berat, ukuran laptop akan semakin besar. Maksimum (saran rekomendasi) layar yg boleh dipilih adalah 15?. Pilih layar yang sudah glossy (sperti cermin) sebb model dan tipe ini dapat melihat tampilan windows dari segala sudut.
8. Berat
Apabila anda termasuk pengguna laptop yang mobile pastikan anda memilih laptop yang tidak terlalu berat bobotnya (ringan) sehingga tidak menyusahkan anda ketika membawanya.

Share this article :
 
EMCEYE Copyright © 2012. TEKCOMJAR™ - All Rights Reserved
Template Modify by maneduli.com Inspired EMCEYE.Inc
Proudly powered by Blogger